Tuesday, June 23, 2015

Waktu Sholat 5 Waktu Dalam Kitab Fikih

Waktu Sholat 5 Waktu Dalam Kitab Fikih


secara bahasa sholat berarti doa, sedangkan secara syara' , sholat berarti beberapa perkataan dan perbuatan yang di awali dengan takbirotul ihram dan di tutup dengan salam. Sholat merupaka hadiah istimewa yang di berikan oleh Allah SWT kepada nabi muhammag SAW untuk umatnya pada waktu isra' mi'raj, sebuah perjalanan hebat yang telah di lakukan oleh nabi dari masijdil haram ke masjidil aqsho lalu naik ke sidrotul muntaha. Sholat yang di terima oleh nabi dan di wajibkan kepada umatnya sebanyak lima. 1- dhuhur 2- ashar 3- maghrib 4- isyak 5-subuh. Dan setiap sholat tersebut memiliki waktu yang berbeda-beda. Berikut perinciannya.

Waktu Sholat 5 Waktu Dalam Kitab Fikih

Waktu sholat lima waktu 


1-dhuhur ; mulai dari tergelincirnya matahari sampai samanya bayangan terhadap bendanya. 2-ashar; mulai dari setelah waktu sholat dhuzur ( tinngi / panjang bayangan melebihi bendanya ) sampai terbenamnya matahari. 3-maghrib; mulai dari setelah tenggelamnya matahari sampai keluarnya mega merah. 4- isyak; setelah tenggelamnya mega merah sampai keluarnya fajar shodiq. 5-subuh; mulai dari setelah keluarnya fajar shodiq sampai terbitnya matahari. Sebenarnya dalam sholat lima waktu masih terdapat beberapa waktu, maksud waktu sholat yang telah kami sebutkan di atas masih di perinci, ada waktu fadhilah,waktu ikhtiyar,waktu jawaz dan lain-lain, namun tidak bisa kami jelaskan pada kesempatan kali karena keterbatasan waktu yang tidak memadai.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa langsung buka kitab taqrirotus sadidah , sebab kitab tersebut termasuk salah satu kitab kontemporer dan penjelesannya simple tapi mengena pada pokok pembahasa, tidak ribet serta lafadznya yang mudah di fahami.atau juga bisa anda cari di kitab-kitab fikih lainnya, seperti fathul qorib, tuhaftut thullab dan lain sebagainya.

Demikianlah artikel tentang waktu sholat 5 waktu yang banyak di tulis di dalam kitabb-kitab fikih, seperti fathul qorib, tuhfatut thullab dan lain-lain.semoga bermanfaat..!!

No comments:

Post a Comment